E-Mail : fuad@iainlangsa.ac.id

Phone: 0641-23129



Visi

 “Menjadi Pusat Kajian dan Peradaban Islam dalam Bidang Ushuluddin, Adab dan Dakwah yang Unggul dan Berkarakter Rahmatan lil-‘alamin Pada Tahun 2035”.

Makna yang terkandung dari Visi tersebut yaitu:

  1. Pusat kajian peradaban Islam: FUAD IAIN Langsa menjadi salah satu referensi keislaman di Asia Tenggara.
  2. Unggul : FUAD IAIN Langsa menjadi salah satu fakultas yang menghasilkan sumber daya manusia, penelitian, pengabdian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Asia Tenggara.

Rahmatan Lill Alamin: Dalam mengembangkan keilmuan, FUAD IAIN Langsa mengembangkan karakteristik yang dapat memberi manfaat, menebarkan kebijaksanaan dan kesejukan bagi seru sekalian alam. Nilai-nilai rahmatan lil alamin dapat terwujud dalam bentuk pembinaan kepribadian mahasiswa FUAD IAIN Langsa yang dapat mengintegrasikan antara iman, ilmu, akhlak dan hikmah dengan teknologi dan seni sehingga output yang dikeluarkan FUAD IAIN Langsa benar-benar bermanfaat dalam masyarakat dan tidak terpapar dengan paham ekstrimisme beradasarkan fokus keilmuan Ushuluddin Adab dan Dakwah.

Misi

  1.  Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat dalam bidang Ushuluddin, Adab dan Dakwah berbasis keislaman dengan karakter rahmatanlil’alamin.
  2. Menciptakan iklim akademik fakultas yang Islami.
  3. Menciptakan kurikulum pendidikan yang mendukung terwujudnya perdamaian dunia dan human rights dalam bidang Ushuluddin, Adab dan Dakwah.
  4. Melahirkan dan mempublikasikan karya ilmiah dalam bidang Ushuluddin, Adab dan Dakwah baik nasional terakreditasi maupun internasional bereputasi.
  5. Menjadi pusat dan rujukan ilmiah ilmu Ushuluddin Adab dan Dakwah di Asia Tenggara.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana profesional yang memiliki komptensi keilmuan dalam bidang Ushuluddin, Adab dan Dakwah yang berkualitas dan berperadaban.
  2. Menghasilkan sarjana muslim yang mampu memahami ajaran Islam dalam bidang Ushuluddin, Adab dan Dakwah secara sempurna dan dapat mengaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Menghasilkan kualitas penelitian dalam bidang Ushuluddin, Adab dan Dakwah yang unggul dan dipublikasikan pada media nasional dan internasional.
  4. Menghasilkan karya-karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Ushuluddin, Adab dan Dakwah yang berbasis keislaman.
  5. Mewujudkan kerjasama dengan berbagai lembaga baik perguruan tinggi maupun lembaga lain yang terkait dengan pengembangan pendidikan dalam bidang Ushuluddin, Adab dan Dakwah.
  6. Menghasilkan dan menerapkan ilmu hasil riset dalam bidang ushuluddin, adab, dan dakwah.

Sasaran

Sasaran dan strategi pencapaian FUAD IAIN Langsa didokumentasikan pada rencana strategis FUAD IAIN Langsa tahun 2015-2035 dan rencana operasional FUAD IAIN Langsa tahun 2015-2035.

  1. Terdidiknya lulusan yang memahami teori dan praktek dibidang Ushuluddin Adab dan Dakwah.
  2. Menghasilkan karya ilmiah yang dapat dipublikasi baik ditingkat nasional dan internasional. Dan juga penelitian yang dapat mempengaruhi kebijakan dan praktek Ushuluddin Adab dan Dakwah ditengah masyarakat.
  3. Tersedianya lulusan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa yang dapat digunakan oleh Kementerian Agama, Kementrian Pendidikan, lembaga pendidikan formal dan non formal serta pendidikan tinggi lainnya dalam mengisi pembangunan diberbagai sektor, khususnya sektor Ushuluddin Adab dan Dakwah
  4. Menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif.

Strategi Pencapaian :

Pencapaian tujuan dan sasaran Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Langsa dilakukan dengan beberapa langkah strategis, yaitu:

  1. Menerima calon mahasiswa baru, baik melalui jalur undangan Prestasi Akademik (SPAN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagaman Islam Negeri (UM-PTKIN) secara nasional, dan Ujian Masuk Mandiri.
  2. Melakukan pembelajaran berbasis Infomation Computer and Technology (ICT) yang berorientasi pada kompetensi yang profesional untuk afektif, kognitif, dan psikomotorik.
  3. Mengusahakan pengelolaan akademik dan administrasi secara transparan, akuntabel dan sensitif gender.
  4. Mengembangkan pembelajaran pendidikan Ushuluddin Adab dan Dakwah yang berbasis riset dan nilai-nilai Qur’ani.
  5. Melakukan revisi terhadap kurikulum sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan tuntutan dunia kerja (stakeholder), serta kebutuhan Fakultas.
  6. Bekerjasama dengan institusi dan instansi terkait dalam rangka pengembangan Ushuluddin Adab dan Dakwah dan pengabdian pada masyarakat.
  7. Mengoptimalkan pengembangan kompetensi keilmuan mahasiswa melalui praktikum, pengadaan referensi yang memadai.
  8. Meningkatkan kapasitas dan kualitas tenaga akademik dan administrasi melalui pelatihan-pelatihan, seperti pelatihan metode mengajar, pelatihan metode penelitian dan penulisan karya ilmiah, penelitian-penelitian dan pendidikan tingkat lanjut.


Siap Bergabung Bersama Kami?

Daftar Sekarang

SISTEM INFORMASI

  • client_1
  • client_2
  • client_3
  • client_4
  • client_5
  • client_6
  • client_3
  • client_4
  • client_5
  • client_6
  • client_1
  • client_2