E-Mail : fuad@iainlangsa.ac.id

Phone: 0641-23129



LABORATORIUM

Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN)

Zawiyah Cot Kala Langsa 

DESKRIPSI

Laboratorium merupakan unsur penting dan salah satu syarat bagi keberadaan suatu perguruan tinggi. Pada Pasal 56 Ayat I Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi dinyatakan bahwa, “Setiap universitas/institut harus memiliki perpustakaan, pusat komputer, laboratorium, studio, dan unsur penunjang lain yang diperlukan untuk penyelenggaraan perguruan tinggi”.

Sementara itu, PP nomor 60 tahun 1999 juga menunjukkan betapa pentingnya kedudukan laboratorium. Sebagaimana disebutkan pada pasal 51 bahwa, “Laboratorium di pimpin oleh seorang dosen yang keahliannya telah memenuhi persyaratan sesuai dengan cabang ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau kesenian tertentu dan bertanggungjawab kepada pimpinan”.

Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia nomor 10 tahun 2015 tentang organisasi dan tata kerja Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, pada pasal 12 huruf c disebutkan bahwa, laboratorium merupakan salah satu organ fakultas. Juga pada pasal 22 ayat (1) dijelaskan, “laboratorium merupakan perangkat penunjang pelaksanaan pendidikan dilingkungan fakultas” dan ayat (2) disebutkan, laboratorium dipimpin oleh seorang tenaga fungsional sesuai dengan bidangnya yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada dekan.

Atas dasar tersebut, keberadaan laboratorium Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa, memiliki tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) yang berkait erat  dengan ilmu pengetahuan, komunikasi, konseling, penelitian dan pengembangan pendidikan komunikasi, dengan ruang lingkup mengelola peralatan (labor) dan teknik lapangan dari fakultas FUAD IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa.

Partisipasi laboratorium akan berfungsi maksimal jika semua potensi dari mahasiswa mampu dikembangkan dan menghasilkan output yang mempunyai daya saing di dunia kerja. Juga mampu mengambil peran sebagai insane intektual dalam lingkungan social kemasyarakatan di tengah-tengah kehidupan berbangsa dan bermasyarakatan.

Bagi perguruan tinggi, laboratorium merupakan sarana yang penting pada setiap program pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat. Sebagai sumber belajar, idealnya sebuah laboratorium harus mampu memenuhi kebutuhan mahasiswa, yaitu menyangkut kebutuhan akan informasi pengetahuan dan teknologi. Untuk menunjang fungsi dan tugas pokok tersebut , maka fasilitas yang ada, serta tim pengajarnya harus selalu mengupdate style dan perkembangan dunia modern.

Selain itu, laboratorium pendidikan komunikasi merupakan sarana dan tempat untuk mendukung proses pembelajaran yang didalamnya terkait dengan pengembangan pemahaman, keterampilan, dan inovasi bidang keilmuan sesuai dengan bidang pekerjaan yang ada pada dunia usaha, pendidikan dan pemerintahan.

Laboratorium termasuk didalamnya workshop, studio, atau dikenal juga dengan general shop/training station, yang didalamnya dilakukan kegiatan pengujian dan penelitian, dan latihan bekerja. Sehingga pembelajaran-pembelajaran di laboratorium berupa kegiatan-kegiatan praktikum.

Praktikum adalah sub sistem dari perkuliahan yang merupakan kegiatan terstruktur dan terjadwal yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang nyata dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang teori, agar mahasiswa menguasai keterampilan tertentu yang berkaitan dengan suatu pengetahuan atau suatu mata kuliah.

 VISI DAN MISI

  1. VISI

Adapun visi dari Laboratorium Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) dalam membangun lembaga dan melahirkan output mahasiswa professional berdasarkan keilmuan yaitu :

“Membentuk mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Wakwah yang profesional, mandiri, mampu mengembangkan keahlian dan ketrampilan dalam menghadapi kompetisi global.”

  1. MISI

Guna mencapai tujuan (visi) yang telah ditetapkan, Laboratorium Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa, memiliki beberapa langkah atau upaya (misi) strategis yaitu :  

  1. Mengembangkan keahlian akademik mahasiswa,
  2. Meningkatkan profesionalitas mahasiswa berbasis program studi,
  3. Melahirkan output mahasiswa yang terampil sesuai dengan kompetensi akademik,
  4. Membangun jaringan kerja (net work) dengan stakeholder terkait,
  5. Menjadi pusat kajian adab, komunikasi dan bimbingan konseling keagamaan serta ilmu Alquran dan tafsir di Aceh.

CAPAIAN LABORATORIUM

  1. Melahikan calon konselor keagamaan dan social yang berkarakter,
  2. Melahirkan calon ahli ilmu Alquran dan tafsir yang mahfum akan hukum,
  3. Melahirkan calon public relation, yang berkualitas dan professional,
  4. Melahirkan sosok jurnalis dan para ahli yang berkompeten di bidang media komunikasi dan kewartawanan serta konselor yang terlatih dan siap kerja.

PROGRAM KERJA LABORATORIUM FUAD

Dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya, laboratorium FUAD IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, telah menyiapkan rancangan garis-garis besar program kerja sebagai berikut :

  1. Merencanakan dan mengadakan sarana dan prasarana laboratorium sebagai tempat pratikum.
  2. Merencanakan dan mengadakan peralatan serta bahan untuk kegiatan praktikum.
  3. Merencanakan dan mengadakan alat serta bahan untuk kegiatan penelitian.
  4. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa.
  5. Merencanakan dan melaksanakan pelatihan bagi dosen, staf dan mahasiswa FUAD IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa.
  6. Infentarisir alat dan kelengkapan bahan laboratorium.
  7. Melaksanakan perbaikan dan pemeliharaan fasilitas dan alat laboratorium.
  8. Mengembangkan kerjasama dengan pihak luar untuk pemanfaatan dan peningkatan fasilitas laboratorium.
  9. Mengatur dan melaporkan administrasi keuangan penggunaan dana DIPA dan sumber dana lainnya untuk kelancaran kegiatan praktikum, penelitian, pelatihan, pemeliharaan, pengadaan dan pengembangan laboratorium.

PENUTUP

Demikian deskripsi singkat visi dan misi Laboratorium Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Zawiyah Cot Kala Langsa, serta capaian laboratorium dan program kerja laboratorium FUAD ini dibuat, sebagai acuan dan pedoman dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi laboratorium FUAD IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, guna mewujudkan tujuan pokok dari pendidikan pada perguruan tinggi dimaksud.

 

Langsa, 29 September 2015

 

Laboratorium

Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah

Institut Agama Islam Negeri

Zawiyah Cot Kala Langsa

 

Kepala

 

  BAHTIAR, MA

 

 

 



Siap Bergabung Bersama Kami?

Daftar Sekarang

SISTEM INFORMASI

  • client_1
  • client_2
  • client_3
  • client_4
  • client_5
  • client_6
  • client_3
  • client_4
  • client_5
  • client_6
  • client_1
  • client_2