E-Mail : fuad@iainlangsa.ac.id

Phone: 0641-23129



Prodi BKI :

Visi :

Menjadi Program Studi yang Menghasilkan Sarjana BKI Profesional, Islami, Berlandaskan Nilai-Nilai Ke Acehan pada tahun 2034”

 

Penjelasannya :

  1. Rumusan visi Prodi BKI mengandung 3 kata kunci utama, yaitu (1) profesional, (2) islami dan (3) nilai-nilai ke Acehan. Kata kunci tersebut diuraikan secara operasional, sehingga selaras dengan dengan visi Institut dan Fakultas.
  2. Pernyataan profesional. Maksud profesional dalam visi ini, bahwa Prodi BKI mencetak dan menghasilkan mahasiswa dan alumni yang memiliki keahlian, memiliki sikap istiqamah dan taat pada etika moral dan keislaman, memiliki kemampuan tinggi dalam melaksanakan tugas konselor maupun penyuluh agama Islam.
  3. Pernyataan Islami. Islami bukan berarti hanya sekedar mampu memahami ajaran Islam dan melakukannya dalam bentuk ritual an sich. Maksud islami dalam visi ini, bahwa Prodi BKI mencetak dan menghasilkan mahasiswa dan alumni yang dapat mengamalkan ajaran Islam dan mampu menginternalisasikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menjalankan tugasnya sebagai konselor masyarakat maupun penyuluh agama Islam. Prodi BKI mencetak alumni yang mampu menumbuhkan pada dirinya perasaan kasih kepada orang lain, dan memiliki keinginan yang kuat untuk menyelesaikan permasalahan yang membelenggu masyarkat.
  4. Pernyataan nilai-nilai ke-Acehan. Maksud nilai-nilai ke Acehan tetap merujuk kepada misi rahmatan lil’alamin, yaitu membawa rahmat bagi seluruh alam semesta, memiliki karakter yang senantiasa menciptakan kedamaian, ketenteraman dan kesejukan tanpa tercerabut dari nilai-nilai yang senantiasa dijunjung masyarakat Aceh. Dalam hal ini, Prodi BKI mencetak dan menghasilkan mahasiswa dan alumni yang mampu memiliki karakter yang lurus (hanif), senantiasa menjaga kedamaian, menciptakan suasan yang tenteram dan sejuk, dan mampu merawat nilai-nilai adat kesopan santunan, persaudaraan Islami, dan mengedepankan perasaan senasib sepenanggungan.

Misi :

  1. Menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat yang berkeadilan, berkualitas dan relevan dengan perkembangan dalam bidang bimbingan dan konseling Islam.
  2. Mendidik mahasiswa menjadi calon sarjana muslim yang professional di bidangnya, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia serta mampun menjaga nilai-nilai ke Acehan dalam penerapan keahlian sebagai konselor/penyuluh agama Islam.
  3. Menyelenggarakan penguatan tata kelola prodi yang baik dalam mendorong terciptanya iklim akademik yang baik, melalui pengembangan kelembagaan, meningkatkan kualitas SDM dan sarana prasarana.
  4. Mewujudkan dosen yang mampu meningkatkan publikasi ilmiah, terutama publikasi ilmiahyang berkaitan dengan Bimbingan dan Konseling Islam.
  5. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, pemerintah daerah, instansi negeri maupun swasta, serta pemangku kepentingan lainnya pada tingkat daerah maupun luar daerah.

Tujuan :

  1. Menghasilkan karya penelitian, program pengabdian masyarakat yang berkualitas, yang mampu memberikan kontribusi bagi penyelesaian masalah di masyarakat, baik masalah pendidikan, sosial, ekonomi, budaya, dan keagamaan.
  2. Menghasilkan lulusan Prodi BKI yang berkualitas, professional, beriman, bertaqwa, berakhlak mulia dan memiliki kompetensi tinggi dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan tuntuan masyarakat lokal, nasional dan internasional sebagai konselor islami/penyuluh agama Islam.
  3. Mewujudkan pelayanan prima dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, sehingga visi dan misi yang ditetapkan Prodi BKI tercapai.
  4. Meningkatnya jumlah penelitian dan semakin berpartisipasinya dosen Prodi BKI dalam mempublikasikan karya ilmiah di jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional, terutama publikasi ilmiah yang berkaitan dengan pengembangan ilmu Bimbingan dan Konseling Islam
  5. Menjalin kerjasama yang baik dengan lembaga lain, dan dihasilkannya butir-butir kesepakatan yang dapat ditindak lanjuti sebagai upaya pengembangan dan peningkatan kualitas prodi BKI dan juga sebagai langkah mengakomodir penggunaan lulusan Prodi BKI.

Sasaran :

  1. Penguatan tata kelola manajemen organisasi Prodi. Untuk mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi BKI, maka pada 5 tahun pertama, yaitu tahun 2015 - 2019 Prodi BKI melakukan penguatan tata kelola manajemen organisasi yang sehat, menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dengan merumuskan dan menyusun kurikulum yang berorientasi pada KKNI, memetakan keahlian dosen pengampu mata kuliah sesuai dengan kompetensinya, pengembangan bahan ajar dosen, menyamakan persepsi tentang silabus dan RPS, menyusun penelitian dan merancang pengabdian kepada masyarakat secara baik sesuai dengan tata kelola manajemen modern.
  2. Meningkatkan kualitas SDM. Untuk mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi BKI, maka Prodi BKI melakukan peningkatan kualitas SDM doses dengan melakukan rekrutmen dosen yang berkompeten di bidang keahlian BK/BKI, memberikan kesempatan kepada dosen untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan, meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran, sehingga mahasiswa maupun lulusan Prodi BKI mampu bersaing secara kompetitif. Sasaran ini diwujudkan pada 5 tahun pertama, yaitu tahun 2015 – 2019.
  3. Meningkatkan kerjasama. Sejalan dengan visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi BKI, peningkatan kerjasama sekaligus perealisasian butir-butir program kerjasama antara Prodi BKI dengan lembaga lain, misalnya pemerintah daerah, instansi negeri maupun swasta, demikian juga dengan pengguna lulusan Prodi BKI akan semakin di tingkatkan. Pencapaian sasaran ini akan diwujudkan pada 5 tahun kedua, yaitu tahun 2020 – 2024.
  4. Meningkatkan publikasi dan karya ilmiah dosen. Sejalan dengan visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi BKI, maka tulisan-tulisan ilmiah yang diakui HAKI-nya akan bertambah, tulisan-tulisan dosen Prodi BKI akan terpublikasi pada jurnal nasional terakreditasi dan tulisan intenasional bereputasi, demikian juga dengan pertemuan-pertemuan ilmiah dosen yang berskala lokal, nasional maupun internasional akan semakin banyak diikuti oleh dosen-dosen BKI. Sasaran ini diwujudkan pada 5 tahun ketiga yaitu tahun 2024 – 2029.
  5. Meningkatkan keahlian lulusan. Sejalan dengan visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi BKI, maka melalui pendidikan, pengajaran dan pengabdian yang berkualitas, pada tahun 2034 Prodi BKI akan melahirkan lulusan yang mampu mengkolaborasikan nilai-nilai keislaman dan ke-Acehan dalam praktik Bimbingan dan Konseling Islam. Para lulusan BKI akan mampu bersaing di tengah-tengah perkembangan zaman yang terus menuntut profesionalisme. Sasaran ini diwujudkan pada 5 tahun kelima, yaitu tahun 2030 – 2034.

Strategi Pencapaian :

  • Strategi Pendidikan dan Pengajaran
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang efektif dan efisien yang kurikulumnya dilandaskan pada KKNI.
  2. Menyelenggarakan workshop kurikulum KKNI di kalangan dosen.
  3. Mengikutsertakan dosen-dosen pada kegiatan seminar/ pelatihan/ workshop di lembaga lain yang terkait kompetensi Program Studi
  4. Melaksanakan kegiatan praktikum secara berkesinambungan dengan lembaga pemerintah maupun swasta, seperti Lembaga Pemasyarakatan, P2TP2A, BNN, Pondok Pesantren
  5. Mengikutsertakan mahasiswa dalam lomba berskala nasional, seperti debat konseling di UIN Ar Raniry Banda Aceh.
  6. Memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa prestasi akademik.
  7. Mengoptimalkan pemanfaatan Sistem Informasi Akademik (siakad) dan media pembelajaran berbasis ICT dalam proses perkuliahan.
  8. Melengkapi literatur dan referensi mata kuliah untuk program studi BKI, baik buku ajar, buku bacaan umum, dan jurnal.
  9. Perkuliahan dan praktikum terencana dalam kalender akademik, selanjutnya dijabarkan dalam kegiatan belajar mengajar pada program semester, mulai semester satu sampai semester delapan.
  • Indikator Pencapaian:
  1. Mahasiswa memiliki kompetensi keahlian sesuai kurikulum KKNI.
  2. Dosen memenuhi persyaratan aspek pedagogik, menguasai materi dan media ajar, mampu bersosialisasi dengan baik.
  3. Ikut sertanya mahasiswa dalam lomba berskala nasional.
  4. Adanya Kemudahan mahasiswa untuk mengakses dan mendapatkan beasiswa.
  5. Terwujudnya ICT dan pemanfaatannya dalam pembelajaran.
  6. Terwujudnya perpustakaan dan ruang baca Prodi BKI, dengan buku ajar dan referensi yang memadai sesuai dengan kebutuhan prodi.
  7. Terlaksananya perkuliahan dan praktikum mahasiswa sesuai dengan kalender akademik.
  •  Strategi Pengembangan Penelitian
  1. Memberikan kesempatan kepada dosen dan mahasiswa untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan pengembangan Prodi BKI.
  2. Menfasilitasi dosen untuk memperoleh bantuan penelitian kompetitif, di lingkungan IAIN Langsa.
  3. Mengadakan seminar/pelatihan/workshop tentang masalah-masalah aktual bagi dosen dan mahasiswa Prodi BKI dengan mendatangkan pakar yang kompeten dari tingkat nasional minimal sekali dalam satu tahun.
  4. Memfasilitasi dosen untuk menulis jurnal dengan melakukan pengadaan jurnal Enlighten.
  5. Meningkatkan sumberdaya manusia dosen dengan cara memotivasi untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
  • Indikator Pencapaian:
  1. Meningkatnya jumlah penelitian dosen, baik secara kelompok maupun individu.
  2. Dosen memperoleh bantuan penelitian kompetitif di lingkungan IAIN Langsa.
  3. Dosen dan mahasiswa memiliki kemampuan aktual sesuai dengan masalah-masalah Prodi BKI, sehingga wawasan Dosen dan Mahasiswa semakin bertambah.
  4. Terbitnya jurnal Enlighten yang dipublikasikan secara cetak dan online.
  5. Semua Dosen Prodi BKI memiliki kualifikasi pendidikan S2 dan 3 orang sedang menempuh pendidikan Doktor (S3).
  • Strategi Pengabdian Masyarakat
  1. Dosen, tenaga kependidikan berperan aktif dalam kajian keislaman yang ditujukan kepada masyarakar di wilayah Kota Langsa.
  2. Mahasiswa berperan aktif dalam mensosialisasikan visi misi Prodi BKI melalui program HMP BKI Road to School, sahur on the road.
  3. Para mahasiswa dapat mengabdikan dirinya melalui kuliah kerja nyata (KKN), memberikan bimbingan dan konseling islam kepada masyarakat dan aktif mengikuti seminar nasional.
  • Indikator pencapain:
  1. Dosen dan mahasiswa aktif dalam kajian keislaman. Misalnya, menjadi penceramah agama pada kegiatan kemasyarakatan, narasumber pada seminar dan workshop tentang bimbingan dan konseling.
  2. Mahasiswa Prodi BKI melakukan pengabdian masyarakat melalui Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM), PPL, pengajian-pengajian.


Siap Bergabung Bersama Kami?

Daftar Sekarang

SISTEM INFORMASI

  • client_1
  • client_2
  • client_3
  • client_4
  • client_5
  • client_6
  • client_3
  • client_4
  • client_5
  • client_6
  • client_1
  • client_2