Selasa, Tanggal 26 Februari 2019, Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir mengadakan Kuliah Umum atau Studium Generale sekaligus Pelantikan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu al-Quran dan Tafsir Periode 2019.

Dengan adanya kuliah umum ini, menandakan bahwa perkuliahan semester Genap Tahun Akademik 2018/2019 di Prodi IAT Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Langsa sudah dimulai.
Dengan mengambil Tema “Menyongsong Revolusi Industri 4.0: Pemanfaatan IT dalam Penelitian Ilmu Alquran dan Tafsir”. Prodi IAT menghadirkan Dosen Tamu dari UIN Sumatera Utara yaitu Dr. H. Ahmad Zuhri, Lc, MA. Menurut Ketua Prodi IAT, Syafieh, M. Fil. I, Kuliah umum seperti ini penting untuk dilakukan disetiap pembukaan perkuliahan semester, disamping mendapatkan pencerahan dari dosen luar Prodi IAT, mahasiswa juga dapat pengalaman baru dari dosen tamu yang besangkutan. Syafieh, M. Fil. I, juga berharap semoga kedepannya Prodi IAT sering mengundang dosen tamu untuk memberikan pengetahuan baru tentang Ilmu Alquran dan Tafsir dan kalau bisa mmengundang dosen tamu yang mempunyai jam terbang Nasional bahkan Internasional.

Selain Studium Generale, Prodi IAT FUAD IAIN Langsa, mengadakan acara pelantikan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu al-Quran dan Tafsir periode 2019. Dalam sambutannya ketua HMJ IAT yang baru Roy Mahendra, saat ini semester 4, mengatakan terima kasihnya kepada ketua HMJ IAT sebelumnya, Kamauddin, yang telah memajukan HMJ IAT, sehingga banyak kader-kader mahasiswa Prodi IAT yang sedang menduduki jabatan strategis di kampus IAIN Langsa. Disamping itu, tentu ketua HMJ IAT terpilih akan melanjutkan program yang telah dirintis oleh pengurus HMJ IAT sebelumnya, diataranya adalah program Gampong Binaan yang dibungkus dengan Road To Gampong, diskusi-diskusi mahasiswa IAT , dan melakukan sosialisasi Prodi IAT ke sekolah-sekolah maupunn ke Dayah. Syaf.