E-Mail : fuad@iainlangsa.ac.id

Phone: 0641-23129



Jurusan Ilmu Hadis :

Visi :

Menjadi pusat kajian dan peradaban Islam dalam rumpun Ilmu Hadis yang unggul dan berkarakter rahmatan lil-‘alamin pada tahun 2034”

Penjelasan rumusan visi Program Studi Ilmu Hadis adalah sebagai berikut:

  1. Rumusan pusat kajian adalah menjadikan PS ILHA FUAD IAIN langsa sebagai sentral kajian ilmu-ilmu keislaman khususnya dalam bidang Ilmu Hadis diantara institusi-institusi Pendidikan Tinggi Keislaman lainnya.
  2. Rumusan peradaban Islam adalah berorientasi pada pengintegrasian antara ilmu, iman, akhlak, hikmah dan ilmu pengetahuan dalam kehidupan berbasis akar ke-Acehan yang telah dikenal sebagai daerah yang memberlakukan Syariat Islam.
  3. Rumusan rumpun Ilmu Hadis adalah ilmu-ilmu yang termasuk ke dalam jenis dan golongan yang berkaitan dengan Ilmu Hadis.
  4. Rumusan unggul adalah memiliki kualitas kajian Ilmu Hadis yang lebih baik dibandingkan dengan Prodi Ilmu Hadis diluar IAIN Langsa karena keilmuan yang dikembangkan berorientasi pada pemberian solusi terhadap segala permasalahan keilmuan yang dihadapi dalam kehidupan.
  5. Rumusan berkarakter rahmatan lil ‘Alamin adalah berorientasi pada pembinaan kepribadian mahasiswa IAIN Langsa yang dapat mengintegrasikan antara iman, ilmu, akhlak dan hikmah sehingga tercipta karakteristik mahasiswa yang dapat memberi manfaat, menebarkan kebijaksanaan serta mampu mengimplementasikan nilai-nilai rahmatan lil alamin dalam segala sendi kehidupan. 

Misi     :

  1. Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran, dalam bidang hadis dan rumpun Ilmu Hadis atas dasar nilai-nilai Islam dalam rangka membangun sumber daya manusia yang berkualitas dan berkarakter rahmatan lil alamin.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dalam bidang hadis dan rumpun Ilmu Hadis yang dapat bermanfaat bagi kalangan akademis dan masyarakat luas yang terpublikasi pada jurnal ilmiah.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang didasarkan pada tuntutan dan kebutuhan masyarakat.
  4. Mengembangkan kajian-kajian hadis dan ilmu hadis secara inovatif dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat.
  5. Membina jaringan kerjasama dengan berbagai pihak terkait dengan pengembangan pendidikan dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat yang didasarkan pada azas saling memberi manfaat kepada masing-masing pihak. 

Tujuan           :

  1. Menghasilkan sarjana professional yang memiliki kompetensi keilmuan dalam bidang hadis dan rumpun Ilmu Hadis yang mampu mengimplementasikan ajaran-ajaran hadis kepada masyarakat serta mampu mewujudkan nilai-nilai rahmatan lil alamin dalam segala sendi kehidupan.
  2. Menghasilkan karya-karya dalam bidang penelitian dan yang unggul dan inovatif yang mampu menjawab berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat.
  3. Meningkatnya kualitas dan kwantitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.
  4. Terselenggaranya kajian-kajian dalam bidang hadis dan ilmu hadis yang mampu memberikan solusi terhadap problematika keumatan.
  5. Terlenggaranya berbagai kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dengan berbagai lembaga dan institusi pendidikan tinggi keislaman yang berkelanjutan dan saling menguntungkan.

Sasaran          :

  1. Dihasilkannya PS yang memiliki keunggulan di bidang pengkajian dan peradaban Islam dalam rumpun ilmu hadis pada tahun 2034 melalui penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi yang berkualitas sehingga mampu menghasilkan sarjana profesional di bidang hadis dan rumpun Ilmu Hadis yang mampu mengimplementasikan nilai-nilai rahmatan lil alamin dalam segala sendi kehidupan.
  2. Dihasilkannya karya-karya unggul dan inovatif dalam bidang penelitian yang mampu menjawab berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat.
  3. Dihasilkannya pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.
  4. Dihasilkannya kajian-kajian dalam bidang hadis dan Ilmu Hadis yang mampu memberikan solusi terhadap problematika keumatan.
  5. Dihasilkannya kerja sama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai lembaga dan institusi pendidikan tinggi keislaman yang berkelanjutan dan saling menguntungkan.


Siap Bergabung Bersama Kami?

Daftar Sekarang

SISTEM INFORMASI

  • client_1
  • client_2
  • client_3
  • client_4
  • client_5
  • client_6
  • client_3
  • client_4
  • client_5
  • client_6
  • client_1
  • client_2