E-Mail : fuad@iainlangsa.ac.id

Phone: 0641-23129



Prodi IAT :

Visi :

"Menjadi Program Studi yang unggul dalam Kajian Ilmu Alquran dan Tafsir yang berkarakter rahmatan lil-alamin pada tahun 2019"

Penjelasan rumusan visi Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir adalah sebagai berikut:

  1. Rumusan unggul adalah memiliki kualitas kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir yang lebih baik dibandingkan dengan Program Studi al-Quran dan Tafsir diluar IAIN Langsa karena keilmuan yang dikembangkan berorientasi pada kajian tafsir bercorak kedaerahan khususnya Aceh.
  2. Rumusan rumpun Ilmu al-Quran dan Tafsir terbagi menjadi empat cluster yaitu Ulumul Qur’an, Metodologi Tafsir, Ushul Tafsir/Kaidah dan Metode Kritik Tafsir.
  3. Rumusan berkarakter rahmatan lil ‘Alamin adalah berorientasi pada pembinaan kepribadian mahasiswa IAIN Langsa yang dapat mengintegrasikan antara iman, ilmu, akhlak dan hikmah sehingga tercipta karakteristik mahasiswa yang dapat memberi manfaat, menebarkan kebijaksanaan serta mampu mengimplementasikan nilai-nilai rahmatan lil alamin dalam segala sendi kehidupan. Untuk mencapai integrasi antara iman, ilmu, akhlak dan hikmah, Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Langsa menjabarkannya dalam kurikulum yang dijabarkan dalam mata kuliah ulumul Quran, Tafsir, Hadis, Kewiraan,Tauhid/Ilmu Kalam, Metodologi Studi Islam dan mata kuliah bernuansa local wisdom, tentang penerapan syariat Islam di Aceh, seperti mata kuliah “Islam dan Budaya Lokal”.
  4. Visi rahmatan lil alamin ini juga menjadi visi IAIN Langsa. Ini dibuktikan dengan membuka akses kepada masyarakat untuk turut memanfaatkan segala fasilitas yang dimiliki oleh IAIN Langsa, hal ini dapat dilihat dalam bantuk nyata misalnya pemanfaatan fasilitas perpustakaan oleh masyarakat kota Langsa, Aceh Timur dan Aceh Tamiang, pemanfaatan fasilitas ibadah oleh masyarakat sekitar kampus IAIN Langsa, pemanfaatan sarana olah raga oleh masyarakat sesuai dengan ketentuan dan tatatertib IAIN Langsa sehingga keberadaan IAIN Langsa benar-benar dapat diakses bukan hanya oleh civitas akademika IAIN Langsa saja. Bukti lain dari aplikasi rahmatan lil alamin dalam visi IAIN Langsa adalah dengan adanya Radio Komunitas Cotkala FM yang dipancarkan pada gelombang 107,7 Mghz yang secara kontinyu menyiarkan pesan-pesan pendidikan, budaya dan menghadirkan para stakeholder dari tiga kabupaten kota untuk mendiskusikan permasalahan terkini yang dihadapai oleh masyarakat.

Misi                    :

  1. Mengembangkan studi ilmu Alquran dan Tafsir yang unggul melalui penyelenggaraan pendidikan akademik yang berbasis IT dan berkualitas.
  2. Menyelenggarakan Program Pengkajian Tafsir Al-Qur’an baik kitab-kitab Tafsir yang Muktabarah maupun tafsir bercorak kedaerahan sehingga menjadi ciri khas dan keunggulan Program Studi.
  3. Mengembangkan studi ilmu Alquran dan Tafsir melalui penelitian yang berbasis interdisipliner dan sejalan dengan perkembangan kebutuhan masyarakat.
  4. Mengamalkan hasil pengembangan ilmu Alquran dan Tafsir melalui pengabdian kepada masyarakat secara profesional.
  5. Mempublikasikan hasil-hasil kajian studi ilmu Alquran dan Tafsir untuk meningkatkan pengetahuan dalam proses transformasi sosial.

Tujuan              :

  1. Menguasai secara integral dan komprehensif tentang kajian  Ilmu Alquran dan Tafsir.
  2. Menghasilkan alumni yang mampu mengkaji Tafsir Alquran baik kitab-kitab Tafsir yang Muktabarah maupun tafsir bercorak kedaerahan sehingga menjadi ciri khas dan keunggulan Program Studi
  3. Memiliki kemampuan untuk meneliti dan menganalisis kajian Ilmu Alquran dan Tafsir dengan berbagai disiplin keilmuan
  4. Menghasilkan alumni yang mampu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat khususnya dalam rumpun ilmu Alquran dan Tafsir
  5. Menghasilkan kualitas penelitian dalam rumpun Ilmu Alquran dan Tafsir yang unggul dan dipublikasikan pada media nasional dan internasional.

Sasaran             :

Dalam upaya mewujudkan visi dan menjalankan misi Prodi IAT telah menyusun strategi pencapaiannya yang dimulai sejak 2015 secara bertahap dan dirumuskan dalam bentuk Rencana Strategis Program Studi IAT periode 2015-2019 (SK In.29/FUAD/PP.00.9/06/2015) sesuai periode sebagai berikut ini.

  • Periode 2015-2019 - TATA KELOLA ORGANISASI, MANAJEMEN DAN LAYANAN AKADEMIK DAN NON AKADEMIK.

Target: mampu meningkatkan kualitas di bidang tata kelola organisasi, manajemen dan layanan terhadap mahasiswa sehingga Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir dapat memberikan pelayanan prima terhadap mahasiswa dan prodi terakreditasi minimal dengan nilai Baik (B).

  • Periode 2020-2024: PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA PRODI IAT

Target: Program Studi memiliki sejumlah dosen yang pakar dalam rumpun Ilmu al-Quran dan Tafsir didukung dengan infrastruktur dan manajemen prodi yang menerapkan sistem mutu  yang telah ditetapkan oleh BAN PT dan Standar ISO 9001 yang mendukung terwujudnya pusat kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir yang unggul, sehingga prodi mampu menghasilkan lulusan yang profesional di bidang Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, baik secara teoritis maupun praktis yang dibarengi dengan iman dan taqwa sebagaimana yang diinginkan oleh stakeholders.

Milestone: Program Studi IAT memperoleh akreditasi A dan mengikutsertakan dosen dalam kegiatan ilmiah dalam dan luar negeri.

  • Periode 2025-2029: PENINGKATAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN PRODI IAT

Target: program studi memiliki sarana dan prasarana yang memadai yang didukung oleh keberadaan SDM (baik tenaga dosen maupun tenaga kependidikan) yang berkualitas dalam rangka meningkatkan mutu layanan prodi yang mendukung program Studi untuk dapat membuka kelas yang unggul di bidang Ilmu al-Quran dan Tafsir sehingga program Studi mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu bersaing dalam menghadapi pasar kerja di era global.

Milestone: Prodi melakukan peningkatan MoU dengan berbagai perguruan tinggi dan lembaga-lembaga tentang Alquran dan tafsir baik nasional maupun internasional.

  • Periode 2030-2034: MENINGKATKAN KERJA SAMA BAIK NASIONAL DAN INTERNASIONAL

Target:  program studi mampu memperluas kerjasama baik di tingkat nasional dan internasional serta mampu meningkatkan kualitas dan kwantitas karya ilmiah dosen dan mahasiswa di tingkat nasional dan internasional sehingga prodi menghasilkan lulusan yang mampu melakukan pengembangan Ilmu al-Quran dan Tafsir di eraglobal serta memiliki sifat yang luhur dan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman sebagai perwujudan dari berkarakter rahmatan lil ‘alamin sebagaimana yang diharapkan stakeholders.

Milestone: Prodi Studi IAT memperoleh akreditasi ASEAN dan peningkatan kolaborasri internasional.



Siap Bergabung Bersama Kami?

Daftar Sekarang

SISTEM INFORMASI

  • client_1
  • client_2
  • client_3
  • client_4
  • client_5
  • client_6
  • client_3
  • client_4
  • client_5
  • client_6
  • client_1
  • client_2